Cara Membuat Pakan Lele Organik Agar Cepat Besar

By | Oktober 30, 2016

Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu
Ada berbagai macam bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakan ikan. Jika kita bisa kreatif dan dapat membuat pakan ikan lele sendiri, maka keuntungan yang akan kita dapat juga akan lebih tinggi. Dalam usaha Budidaya lele kita juga bisa membuat ramuan pakan organik yang berbahan dasar “Ampas Tahu” dengan tujuan agar lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik dan ikan lele akan tumbuh dengan baik.

Cara membuat pakan lele organik dari ampas tahu

Selain itu hal tersebut juga untuk menekan atau mengurangi biaya pengeluaran serta mengurangi menumpuknya limbah dari Ampas Tahu tersebut.
Cara Pembuatan Pakan Lele dari Ampas Tahu
Sebelumnya persiapkan bahan-bahan pembuatan pakan lele dari Ampas Tahu sebagai berikut:

  1. Ampas Tahu 5 Kg
  2. Dedak Halus 5 Kg
  3. Tepung Ikan 1 Kg
  4. Tetes Tebu/Molases 1 liter
  5. Probiotik(EM4-Perikanan) : 200 ml
  6. Ragi Tempe 2 sdm

Setelah seluruh bahan dicampur dan diaduk rata kemudian dimasukkan ke dalam drum/ember/kantong plastik yang diberi lobang udara dengan menggunakan selang untuk mengalirkan gas/udara yang ujungnya ditutup plastikatau bekas gelas air mineral tetapi jangan terlalu tertutup rapat(sebagian terbuka untuk keluar masuknya oksigen). Kemudian simpan dan dibiarkan selama +/- 5 hari agar terjadi proses fermentasi secara alami.
Setelah di Fermentasi 5 hari Pakan Lele Organik sudah bisa dimanfaatkan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bisa diberikan langsung ke Lele dengan cara dikepalkan sehingga lele bisa mengkonsumsi secara langsung
  2. Disarankan diberikan ke Lele yang umurnya diatas 1 bulan dari penebaran ukuran benih 5-7/7-9, sebelumnya bisa diberikan dari hasil fermentasi dan pakan alami pupuk kandang
  3. Pemberiannya jangan bersamaan dengan pemberian pellet ikan
  4. Prosentase pemberian 5% dari Biomas Ikan (1,5 – 2 kali jumlah pemberian pakan Pellet).
  5. Frekwensi pemberian pakan lele organik dari ampas tahu ini bisa 2 – 3 kali sehari diberikan pada pagi/siang hari

(sumber: epetani Deptan)

sahabat azolla magelang yang berbahagia selanjutnya mari kita bahas cara yang kedua yaitu:

Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Sapi
mari kita simak pengalaman ini didapatkan dari beberapa orang yang sudah mencoba membuat pakan alternatif ini. Jangan dibayangkan mentah-mentah bahwa kotoran buat makanan sebenarnya prinsipnya kita memanfaatkan kotoran sapi yang nantinya sebagai media tumbuh cacing. Mari kita lihat gabaran berikut adalah cara pembuatan pakan alternatif yang saya maksudkan.

Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Sapi
Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Sapi

Untuk resep 10 Kg Kotoran sapi.
Bahan bahan yang di perlukan

  1. Kotoran sapi yang sudah didiamkan sekitar 1 mingguatau minimal 5 hari  di ruang terbuka sebanyak 10 kg.
  2. Probiotik Cair, dapat di beli di toko-toko pertanian. Jenis probiotik yang biasa digunakan adalah EM4, Biocatfish dan masih banyak lagi, tinggal kita tanya saja saat akan membeli di toko pertanian. Dapat juga tidak menggunakan Probiotik, tapi waktu inkubasi / waktu penimbunan akan semakin lama.
  1. Air untuk melumatkan kotoran sapi yang sudah mengering, atau kotoran sapi yang terlalu keras. Air ini sifatnya sebagai pengencer, namun jangan terlalu encer saat proses pengenceran. Idealnya seperti adonan yang kental seperti adonan roti.

Alat yang di perlukan

  1. Drum yang ada tutupnya, atau wadah apa saja yang kedap udara dan tidak ada lubang.
  2. gayung
  3. Ember
  4. dan alat-alat lain yang kiranya dibutuhkan.

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan adonan kotoran sapi yang tadi telah dibuat seperti adonan sebanyak 10 kg. Disini kita akan membuat resep untuk 10 Kg kotoran sapi.
  2. Masukan adonan tadi ke dalam blong / drum atau wadah lain yang kedapudara.
  3. Siapkan probiotik dan tuangkan sebanyak 20 tutup botol atau sekitar 200 ml probiotik ke dalam kotoran sapi tadi.
  4. Aduk agar merata dan tercampur sempurna.
  5. Inkubasi / diamkan selama 24 jam di tempat yang tertutup agar terjadi Fermentasi / Penguraian. pada proses ini jangan ada udara yang masuk, karena udara akan menggagalkan proses fermentasi. Dalam istilah biologi fermentasi jenis ini adalah fermentasi tanpa membutuhkan Oksigen. Jadi usahakan benar-benar tertutup rapat.
  6. Setelah 24 jam, Buat lubang di wadah. Biarkan udara masuk kedalam. Biarkan selama minimal 7 hari dalam keadaan teraliri udara, semakin lama semakin bagus, namun jangan sampai bertahun-tahun . Lubang di buat atau dengan membuka seperempat tutup saja atau melubangi tutup.
  7. Setelah sekitar 7 hari akan banyak cacing yang hidup, ini menandakan proses pembuatan Pakan lele berhasil.
  8. Pakan sudah dapat digunakan, biasanya pakan jenis ini sangat cocok untuk lele pada saat pembenihan atau masih berukuran tidak lebih besar dari 2 jari.
    Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Sapi
    Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Sapi

    Source: http://azollamagelang.blogspot.co.id/

 

Saat ini anda sedang mencari cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar ? Tenang , kali ini anda berada dalam artikel yang tepat . Karena dalam artikel kali ini akan saya paparkan mengenai cara membuat pakan ikan lele tersebut yang pastinya ini secara organik yang mudah untuk dibuat dan di praktekan .
Cara Membuat Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar
#Kolam ternak lele
Untuk pembuatan pakan ikan lele yang satu ini dengan menggunakan cara fermentasi , cara ini memang sangat bagus . Karena dengan pakan fermentasi dapat meningkatkan kualitas hewan ternak dan dapat meningkatkan nilai jual dari hewan ternak (lele) tersebut .
Cara ini (pemberian pakan fermentasi kepada ikan lele) sudah diaplikasikan / diterapkan oleh para pengusaha peternakan lele lainnya , dan hasilnyapun sangat memuaskan , karena pertumbuhan lele sangat cepat dan dapat segera dipanen .
Sebelum saya memberikan tips atau cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar , terlebih dahulu akan saya paparkan paparan mengenai apa itu pakan fermentasi dan apa manfaatnya untuk hewan ternak dalam hal ini adalah lele .
Apa itu pakan fermentasi ?
Jika anda belum mengetahui akan apa itu pakan fermentasi , pakan fermentasi merupakan sebuah pakanan hewan ternak yang terbuat dari bahan organik seperti sayuran , kotoran ternak dll . Yang mana bahan organik tadi difermentasikan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ternak lele anda .
Manfaat pakan fermentasi
Adapun untuk manfaat yang dapat dirasakan dari pemberian pakan fermentasi kepada ternak ikan lele anda diantaranya seperti di bawah ini :
  • Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
    Daging hewan rendah kolesterol
  • Kolam tidak berbau
  • Kotoran/limbah / air kolam dapat digunakan untuk dimanfaatkan menjadi pupuk

Selain beberapa manfaat diatas , Masih terdapat banyak sekali khasait dan keunggulanlainnya dari pemberian pakan fermentasi kepada hewan ternak anda .

Inilah tips terbaik untuk cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar

Untuk cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar sangatlah mudah ,pastinya anda bisa mempraktekan nya dengan benar . Nah untuk cara pembuatan nya sendiri terbagi kedalam dua cara pembuatan , cara yang pertama yakni pembuatan pakanuntuk lele yang berumur 1 – 29 hari . Dan pembuatan pakan fermentasi yang kedua dialkukan setelah lele berumur 29 hari sampai panen .
Cara Membuat Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar
#Lele siap panen
Untuk menghemat waktu ,agar andatidak terlalu lelah dalam membaca paparan ini ,anda bisa rehat sejenak atau sekedar meminum kopi 🙂 . Oke kita lanjutkan kembali , dibawah ini merupakan cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar dengan cara pakan fermentasi .
Cara pembuatan pakan fermentasi 1 
Ini diperuntukan untuk pemberian pakan ikan yang berumur 1 – 29 hari .
Bahan yang diperlukan : 
  • Terpal dan karung goni
  • Kotoran ternak ( kambing )
  • Limbah sayuran
  • Ampas tahu
  • Gula pasir dan
  • Suplemen probiotik “saya sarankan anda untuk memilih suplemen probioti SOC – HCS “
Langkah-Langkah pembuatan
  1. Siapkan tempat pembuatan / terpal
  2. larutkan Air + Dengan SOC – HCS dengan gula pasir perbandingan pelarutan 15 lt air : 5tutup SOC : 200 gr gula pasir .
  3. Setelah semua siap , masukan bahan bahan seperti kotoran kambing , ampas tahu , limbah sayuran kedalam tempat pembuatan
  4. Siram semua bahan tadi dengan larutan SOC – HCS yang telah dilarutkan tadi
  5. Setelah itu aduk semua bahan ,dan tutup terpal hingga menjadi kedap udara , setelah ditutup diamkan ini selama 1 hari .
Cara pemberian pakan 
Untuk pemberian pakan nya sendiri sangatlah mudah , pertama tama anda buka hasil pakan fermentasi tadi ,lalu masukan kedalam karung goni selanjutnya masukan karung goni yang berisi pakan fermentasi kedalam kolam dengan ketinggian 30 cm .
Terdapatnya pakan fermentasi yang berda pada kolam mampu memicu tumbuhnya plankton , yang mana plankton ini menjadi pakan alami dari lele . Sehingga pertumbuhan lele nya pun dapat semakin cepat . Dan adanya plankton ini cukup untuk pemberian pakan selama 29 hari .
Cara pembuatan pakan fermentasi 2
pembuatan pakan fermentasi ini dilakukan untuk diberikan kepada lele yang berumur 29 – sampai masa panen
Bahan-bahan yang diperlukan : 
 
  • Tempat pembuatan biasa dengan bak , terpal ataupun plastik besar
  • Kotoran ternak kambing
  • Ampas tahu & bekatul
  • Dedaunan “daun yang biasa dimakan lele”Terasi gula pasir dan
  • Suplemen probiotik SOC – HCS
Langkah-langkah pembuatan
  1. Siapkan tempat pembuatan contohnya dengan bak
    Larutkan Air + gula pasir dan SOC – HCS dengan perbandingan 3 tutup botol SOC-HCS : 10lt Air
  2. Setelah itu masukan semua bahan tadi mulai dari kotoran kambing , ampas tahu , bekatul dedaunan dan terasi ke dalam bak
  3. Setelah dimasukan ke dalam tempat pembuatan , berikan larutan SOC + Air yang sudah dilarutkan tadi dan aduk semua bahan sampai merata
  4. Setelah diaduk tutup bak bisa dengan plastik atau terpal sehingga bak menjadi kedap akan udara
  5. Lalu diamkan proses ini sampai 24 jam , setelah itu pakan bisa langsung diberikan kepada ternak lele anda
 Cara pemberian pakan 
Pemberian pakan yang satuini sama dengan pemberian pakan lele biasa , yakni dengan cara ditabur . Berikan pakan ini secara rutin dan teratur ,agar perkembangan lele dapat terlihat dengan cepat .
Source: http://klikinsurance.blogspot.co.id/